Berlibur di Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo

Beberapa hari yang lalu, tiba-tiba temannya mama yang tahun lalu sempat menawari kami berlibur bersama ke Pulau Salah Namo, Ibu itu datang menagih janji. Secara tiba-tiba, hari itu juga kami harus berangkat, aku ditawarin untuk nantinya memasarkan secara online Cottage yang baru dia bangun di Pulau Pandang, sekitar 30 menit perjalanan naik kapal dari Pulau Salah Namo. Berhubung sudah lama tidak liburan, aku langsung mengiyakan tanpa berpikir panjang, toh... sambil bekerja juga nantinya di sana. Karena pekerjaan ternikmat kan liburan yang gratis (...dan dibayar). Hehehe. Aku boleh mengajak teman, kata Ibu itu. Orang pertama yang terlintas tentulah Keda, aku menelponnya dan langsung menyuruhnya bersiap-siap untuk pergi ke Pulau sekarang juga. Dia yang baru saja bangun tentu tidak percaya, sampai-sampai harus memastikan berkali-kali hingga akhirnya dia percaya. Mama yang tadinya ragu untuk ikut karena harus meninggalkan papa juga memutuskan ikut pergi dengan kami, dan Emi juga turut

555 = HaHaHa

Well, sebenarnya saya cukup senang saat mendapati salah satu akun Twitter yang berisikan info tentang Thailand dan juga bahasanya. Sedikit banyaknya, saya tertarik dengan akun ini dan memutuskan untuk memencet tombol following.

Ada satu hal baru yang saya dapatkan dari akun ini. Saat itu, saya tengah membaca percakapannya dengan followers akun ini yang bertanya tentang arti 555.

Reka ulang kejadiannya digambarkan seperti ini, salah seorang teman dari followers akun pecinta Thailand tersebut, bertanya langsung pada mereka, apa arti dari 555 karena dia sering melihat temannya sering menggunakan angka tersebut di akhir tweetnya. Namun sialnya, temannya malah tak memberi tahu artinya.

Bertanya sendiri dengan akun ini pun pilihan yang salah. Bukannya dijawab, malah diberi angka 55555 (lagi). Setelah cukup puas menertawakan (mungkin) akhirnya akun ini menjawab bahwa arti dari 555 di sini adalah hahaha. Bingung? Saya pun begitu

Jadi, ternyata, di sana penyebutan untuk angka 5 adalah Ha. Sehingga kalau 5555 adalah HaHaHaHa.

Tak puas dengan penjelasannya sampai di situ, saya pun bertanya melaui Twitter:

Saya: Wow baru tau kalo 5 dibacanya ha, 555 jadi hahaha. Tp apakah dengan itu 555 sama artinya dgn 'hahaha' atau 'lol' di sini?

Akun itu: iya 5555 jadi hahahaha ketawa disini :)

Saya: Tapi kalo di sana enggak kan? Artinya tetap 555 walaupun dibaca hahaha? Jadi kalo mereka ketawa gimana dong? #banyaknanya :))

Tapi gak dijawab lagi sama mereka. Huh!

Lah kan saya emang ga tau artinya dan saya masi bingung. Pengen belajar maksudnya gitu daripada udah digunakan taunya salah kan malu, ceu.

Yah mungkin sayanya juga yang terlalu banyak nanya. Akhirnya mencari tahu dengan mesin pencarian sakti yang kita sebut Google, dengan keyword: 555 Hahaha.

MUNCUL!

Terjawablah semua misteri itu. Saya mendapat jawaban itu (di mana lagi kalo bukan...) di Yahoo! Answer. Benar ternyata kalo di sana penyebutan 5 adalah Ha.

Semacam bahasa prokem, penggunaan 555 juga dipakai oleh orang Asia khususnya orang Thailand sendiri untuk menuliskan/melukiskan hahaha saat sedang chatting dengan orang.

Mari kita contohkan, misalkan:

X: Hei! Gue kemarin kepleset kulit pisang depan kelas
Y: 5555555 ---> yang artinya  "HaHaHaHaHaHaHa" atau "Ketawa sampe guling-guling di tanah" (becanda)

Yah intinya begitu. 555 adalah Hahaha di sana.

Penggunaannya sedikit aneh bagi kita dan juga orang-orang normal lainnya. Apalagi digunakan untuk orang yang tidak mengerti 555 = Hahaha. Mesti repot menjelaskannya lagi.

Jadi ngapain pula harus repot-repot menggunakan 555 yang jelas-jelas membutuhkan waktu ekstra untuk menjelaskan sedangkan pengucapannya sama dengan hahaha.

Mungkin bagi orang Thailand ini dapat menyingkat waktu dan kata. Tapi tidak dengan kita. Yah, hanya sebagian dari kita saja yang terlalu kreatif menggunakan hal tersebut.

5555555555555555555555555555555555555.

Komentar

  1. thx. sgt informatif. akhirnya sy tahu makna 555 di percakapan org thailand ;)

    BalasHapus
  2. ooooooohhh hahahaaa tau juga saya ahirnya.
    1 hari yg lalu sy tanya sama tmen fb org thai.kebetulan dia bisa bahasa melayu jadi sedikit enak komunikasinya.saya tanya "apa makna 555 bagi orang thailand?"
    dia jawab "makna suka" saya gak puas dgn jwaban simpel itu.sy tanya lagi
    "tapi kenapa ada yg tulis 555 (3x)ada juga yg tulis 55555(5x)dia jawab lagi "makna suka ,hahaha) saya fikir dia ketawain saya.sy jadi sebel.tp sy tanya lagi"iya tapi kenapa berbeda?"
    eeh. .dia cuma jawab "ya".Sial.
    hheee ya ahirnya pagi ini sy memutuskan untuk menjelajahi mesin pencarian aja.dan ketemulah artikelnya kak Sabrina Utami.makasih y kak. .jadi gk penasan lagi aku.

    BalasHapus
  3. 555น่ารัก?? ไม่! 😂

    BalasHapus
  4. 555 น่ารัก? ไม่! 😂

    BalasHapus
  5. Kalo Wkwkwkwk angka brapa Ya 55555

    BalasHapus
  6. Kalo Wkwkwkwk angka brapa Ya 55555

    BalasHapus
  7. 55555555555555555555555555555555555555

    BalasHapus
  8. 555 itu berarti hahaha dalam bahasa thailand .. hehe

    BalasHapus
  9. Mau tanya dong !!! Biasanya pas nntin drama/movie nya thai ad pemain nya yg angkat tangan kyk"metal" , it artinya ap yh ??????

    BalasHapus
  10. Tanya dong ????? Biasanya didrama/movie nya thai kan ad tuh pemainnya angkat tangan kyk "metal" , it artinya ap yah ?????

    BalasHapus
  11. sun,neng,song,sam,hi,ha,ho,ced,ped,kao,sip

    BalasHapus
  12. Intinya 5 dalam bahasa thailand itu Ha .

    BalasHapus
  13. 555...LOL..baru aja chat ama orang viet di online game, dia nulis 555 mulu..makasih artkelnya ane jd ngerti maksud dia apaan..

    BalasHapus
  14. Sawaddi krab !!
    Gw juga sdkit bingunng .. tpi skrg dah pham kok .. thanks ya 555 nya😂😂

    BalasHapus
  15. Thanks infonya ya, kan saya main judi online DOmino QQ thailand, nah sempet bingung jg apa itu 5555 eh ternyata ketawa toh, sy kira kode sex ><

    BalasHapus

Posting Komentar