Senin, 18 Juni 2012

555 = HaHaHa

Well, sebenarnya saya cukup senang saat mendapati salah satu akun Twitter yang berisikan info tentang Thailand dan juga bahasanya. Sedikit banyaknya, saya tertarik dengan akun ini dan memutuskan untuk memencet tombol following.

Ada satu hal baru yang saya dapatkan dari akun ini. Saat itu, saya tengah membaca percakapannya dengan followers akun ini yang bertanya tentang arti 555.

Reka ulang kejadiannya digambarkan seperti ini, salah seorang teman dari followers akun pecinta Thailand tersebut, bertanya langsung pada mereka, apa arti dari 555 karena dia sering melihat temannya sering menggunakan angka tersebut di akhir tweetnya. Namun sialnya, temannya malah tak memberi tahu artinya.

Bertanya sendiri dengan akun ini pun pilihan yang salah. Bukannya dijawab, malah diberi angka 55555 (lagi). Setelah cukup puas menertawakan (mungkin) akhirnya akun ini menjawab bahwa arti dari 555 di sini adalah hahaha. Bingung? Saya pun begitu

Jadi, ternyata, di sana penyebutan untuk angka 5 adalah Ha. Sehingga kalau 5555 adalah HaHaHaHa.

Tak puas dengan penjelasannya sampai di situ, saya pun bertanya melaui Twitter:

Saya: Wow baru tau kalo 5 dibacanya ha, 555 jadi hahaha. Tp apakah dengan itu 555 sama artinya dgn 'hahaha' atau 'lol' di sini?

Akun itu: iya 5555 jadi hahahaha ketawa disini :)

Saya: Tapi kalo di sana enggak kan? Artinya tetap 555 walaupun dibaca hahaha? Jadi kalo mereka ketawa gimana dong? #banyaknanya :))

Tapi gak dijawab lagi sama mereka. Huh!

Lah kan saya emang ga tau artinya dan saya masi bingung. Pengen belajar maksudnya gitu daripada udah digunakan taunya salah kan malu, ceu.

Yah mungkin sayanya juga yang terlalu banyak nanya. Akhirnya mencari tahu dengan mesin pencarian sakti yang kita sebut Google, dengan keyword: 555 Hahaha.

MUNCUL!

Terjawablah semua misteri itu. Saya mendapat jawaban itu (di mana lagi kalo bukan...) di Yahoo! Answer. Benar ternyata kalo di sana penyebutan 5 adalah Ha.

Semacam bahasa prokem, penggunaan 555 juga dipakai oleh orang Asia khususnya orang Thailand sendiri untuk menuliskan/melukiskan hahaha saat sedang chatting dengan orang.

Mari kita contohkan, misalkan:

X: Hei! Gue kemarin kepleset kulit pisang depan kelas
Y: 5555555 ---> yang artinya  "HaHaHaHaHaHaHa" atau "Ketawa sampe guling-guling di tanah" (becanda)

Yah intinya begitu. 555 adalah Hahaha di sana.

Penggunaannya sedikit aneh bagi kita dan juga orang-orang normal lainnya. Apalagi digunakan untuk orang yang tidak mengerti 555 = Hahaha. Mesti repot menjelaskannya lagi.

Jadi ngapain pula harus repot-repot menggunakan 555 yang jelas-jelas membutuhkan waktu ekstra untuk menjelaskan sedangkan pengucapannya sama dengan hahaha.

Mungkin bagi orang Thailand ini dapat menyingkat waktu dan kata. Tapi tidak dengan kita. Yah, hanya sebagian dari kita saja yang terlalu kreatif menggunakan hal tersebut.

5555555555555555555555555555555555555.

6 komentar:

  1. thx. sgt informatif. akhirnya sy tahu makna 555 di percakapan org thailand ;)

    BalasHapus
  2. ooooooohhh hahahaaa tau juga saya ahirnya.
    1 hari yg lalu sy tanya sama tmen fb org thai.kebetulan dia bisa bahasa melayu jadi sedikit enak komunikasinya.saya tanya "apa makna 555 bagi orang thailand?"
    dia jawab "makna suka" saya gak puas dgn jwaban simpel itu.sy tanya lagi
    "tapi kenapa ada yg tulis 555 (3x)ada juga yg tulis 55555(5x)dia jawab lagi "makna suka ,hahaha) saya fikir dia ketawain saya.sy jadi sebel.tp sy tanya lagi"iya tapi kenapa berbeda?"
    eeh. .dia cuma jawab "ya".Sial.
    hheee ya ahirnya pagi ini sy memutuskan untuk menjelajahi mesin pencarian aja.dan ketemulah artikelnya kak Sabrina Utami.makasih y kak. .jadi gk penasan lagi aku.

    BalasHapus