Berlibur di Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo

Beberapa hari yang lalu, tiba-tiba temannya mama yang tahun lalu sempat menawari kami berlibur bersama ke Pulau Salah Namo, Ibu itu datang menagih janji. Secara tiba-tiba, hari itu juga kami harus berangkat, aku ditawarin untuk nantinya memasarkan secara online Cottage yang baru dia bangun di Pulau Pandang, sekitar 30 menit perjalanan naik kapal dari Pulau Salah Namo. Berhubung sudah lama tidak liburan, aku langsung mengiyakan tanpa berpikir panjang, toh... sambil bekerja juga nantinya di sana. Karena pekerjaan ternikmat kan liburan yang gratis (...dan dibayar). Hehehe. Aku boleh mengajak teman, kata Ibu itu. Orang pertama yang terlintas tentulah Keda, aku menelponnya dan langsung menyuruhnya bersiap-siap untuk pergi ke Pulau sekarang juga. Dia yang baru saja bangun tentu tidak percaya, sampai-sampai harus memastikan berkali-kali hingga akhirnya dia percaya. Mama yang tadinya ragu untuk ikut karena harus meninggalkan papa juga memutuskan ikut pergi dengan kami, dan Emi juga turut

Seminar Perhumas: Manajemen Reputasi, Tantangan Negara dan Korporasi Indonesia



sebelumnya saya tidak pernah mendengar tentang apapun mengenai Perhumas, ya... padahal saya adalah mahasiswi komunikasi jurusan hubungan masyarakat (humas) sudah seharusnya saya cepat tanggap terhadap perhumas yang merupakan wadah organisasi tempat bernaungnya humas-humas perusahaan (Perhumas) dan mahasiswa jurusan humas (Perhumas Muda)

berawal dari ajakan teman di kantor tempat saya magang, saya diminta untuk ikut membantu sebagai Perhumas Muda yang turut menjadi panitia dalam acara yang diselenggarakan oleh Perhumas. yaitu sebuah Seminar Nasional dengan judul Manajemen Reputasi: Tantangan Negara dan Korporasi Indonesia dan di hari yang sama ( 16 Juni 2011)

saya sudah menginap di Hotel sultan (tempat acara diadakan), dari malam sebelum acara Seminar tersebut dilangsungkan. bersama teman-teman Perhumas Muda lainnya, kami mendapat dua kamar terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

pada seminar itu, saya diminta untuk bertugas sebagai LO. awalnya saya berpikir saya akan berurusan dengan seseorang dan mengurusi semua kepentingannya seperti tugas LO pada biasanya.

well, sepertinya semua tidak terwujud. saya kehilangan arah komando. bahkan yang memberi saya perintah juga turut bingung. dan sesuai inisiatif, saya dan temen saya hanya bertugas sebagai penyambut tamu dan mengantar tamu ke kursi yang kosong.

selama sesi berlangsung, tentu saya ikut juga mendengarkan dan belajar. apalagi mengingat biaya seminar ini cukup mahal untuk ukuran mahasiswa seperti saya. sudah menjadi keharusan untuk mengambil keuntungan semacam ini :D. beberapa presentasi menarik yang sempat saya ingat, adalah dari Telkomsel,Aqua dan Pertamina.

secara keseluruhan presentasi yang lain juga menarik, mereka membecirakan tentang tantangan yang pernah di lewati dari suatu perusahaan. bagaimana cara menyelesaikannya, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan "kerjaan humas perusahaan"

sambil bekerja sambil belajar, saya turut mengumpulkan slide-slide dari pembicara pada seminar. dan dalam acara ini peserta dan panitia juga kebagian buku secara gratis. buku ini berisi tentang indonesia dalam headline, maksudnya adalah berbagai permasalahan yang dihadapi indonesia serta pemberitaan yang muncul di media.

ini kali pertama juga saya mengikuti Munas, segalanya temapak menarik dan menegangkan. berbagai pihak mengeluarakan pendapatnya. awalnya saya takut akan terjadi semacam pertengkaran, namun ternyata semuanya berjalan dengan lancar dan baik-baik saja. tujuan dari Munas Perhumas ini adalah untuk melakukan pemilihan ketua umum Perhumas periode 2011-2014. dan pemenangnya adalah Ibu Prita Kemal Gani.



The Extras

hal lain yang saya dapat dari acara ini adalah, saya bertemu dengan berbagai profesional dari perusahaan. tentu saya belajar banyak tentang menjaga citra atau reputasi termasuk how to speak with the professional :)

mengira saya adalah salah satu Perhumas yang telah lulus kuliah atau sedang bekerja. beberapa kenalan saya pada acara tersebut mewakili perusahaannya menawarkan saya bekerja disana.

its so fun :)

Komentar